Senin, 17 Desember 2007

Belajar Bahasa daerah Ketua KAMMI UNIDA (Jambi)

Bagi kamu yang mengerti cerita ini, silahkan terjemahkan dan kirim ke E-Mail :baim_jmb@yahoo.co.id/kammi_unida@yahoo.co.id
terjemahan yang tepat akan mendapatkan kenang kenangan cantik dari ketua Umum Kammi Universitas Djuanda
(khusus Buat Pengunjung Blog Ini, so tentunya bukan buat urang kito {jambi/melayu})

KALAU nasib lagi sial ado bae jalannyo. Kadang-kadang persoalan sepele biso jugo berakibat buruk. Umpamonyo kalau nak pergi acara pernikahan orang biasonyo selalu berpakaian rapi dan necis. Begitulah yang dialami Abeh dengan kawan dio Ucok beberapa waktu lalu. Hari itu Abeh mendapat undangan pernikahan kawan dio di daerah Sengeti, Kabupaten Muarojambi. Kebetulan pulo Abeh belum pernah datang ke kampung kawannyo yang nak menikah itu. Pikir dio, itulah kesempatan baik untuk biso datang ke sano.


Setelah mempertimbangkan dengan matang, akhirnyo Abeh memutuskan berangkat menghadiri resepsi tersebut. “Kalau dak sekarang kapan lagi nak main ke sano,” kato Abeh samo Ucok. Sekitar pukul 11.00 WIB berangkatlah mereka ke daerah Sengeti. Tapi, setelah mengendarai sepeda motor lumayan jauh, mereka belum jugo sampai di tempat acara. Abeh pun mulai kesal. Apolagi medan yang harus ditempuh semakin buruk pulo. Jalan berlumpur dan licin nian. “Waduh, pakaian sudah dak bebentuk lagi nih, lumpur banyak lengket di pakaian,” ujarnyo mengelug.

Pakaian mereka yang semulo rapi sekarang sudah tidak karuan bae bentuknyo. Masalahnyo, sepeda motor mereka sempat terpeleset di tengah kubangan lumpur jalan. Tapi nak balik lagi ke Jambi sudah tanggung pulo, karena mereka sudah masuk ke daerah Sengeti. Lalu mereka teruskan bae perjalanan ke tempat resepsi itu. Meskipun sandal dan celana mereka sudah penuh lumpur.

Akhirnyo sampai jugo mereka ke tempat tujuan. Namun, ketika tibo tempat acara tambah kaget pulo Abeh. Dak pernah dio menyangko kalau acara tersebut ternyato bukan di kampung, tapi di tengah kebun karet. Cuma ado satu rumah itu bae di sano. Di pinggir rumah penuh dengan pohon-pohon karet.

Tapi, untungnyo acara tersebut dimeriahkan pulo oleh acara dangdutan. Lumayan jugolah untuk menghilangkan capek pikir dio. Meskipun pakaian mereka sudah kotor karena terpeleset ke tengah lumpur jalan.

Tidak ada komentar: