Minggu, 27 April 2008

Koalisi Ormas Islam Malaysia Serukan Boikot Chelsea

Sekitar 21 organisasi Muslim di Malaysia membentuk koalisi menentang kunjungan tim sepakbola asal Inggris, Chelsea terutama pelatih dan seorang pemainnya yang asal Israel.

Mereka juga menyerukan Muslim Malaysia agar memboikot rencana kunjungan Chelsea yang rencananya akan menggelar pertandingan persahabatan dengan tim sepakbola Malaysia pada 29 Juli mendatang.

Pemerintah Malaysia sebelumnya menyatakan memberikan kelonggaran bagi pelatih dan seorang anggota tim Chelsea yang asal Israel. Meski selama ini, Malaysia termasuk ketat memberlakukan larangan bagi orang-orang Israel masuk ke negeri itu.

Juru bicara koalisi, Muhammad Azmi Abdul Hamid menyatakan, mereka akan menggelar aksi massa jika pemerintah Malaysia tidak melarang kehadiran pelatih Chelsea asal Israel, Avram Grant dan salah satu pemain Chelsea yang juga asal Israel, Tal Ben Haim.

"Rakyat Malaysia selayaknya memboikot mereka. Kita harus bersatu dengan rakyat Palestina dan berjuang untuk berdirinya negara bagi rakyat Palestina, " kata Muhammad Azmi.

Malaysia adalah salah satu negara yang tidak membuka hubungan diplomatik dengan negara Zionis Israel. Warga Israel yang ingin berkunjung ke Malaysia, harus mendapatkan izin khusus.

Lebih lanjut Muhammad Azmi mengatakan, "Alasan bagi larang masuk ke Malaysia adalah untuk mengucilkan Israel, negara yang berlumurand darah. Jika pesepakbola Israel diizinkan masuk, pemerintah akan dianggap tidak sensitif terhadap rakyat Palestina."

Menlu Malaysia Rais Yatim mengungkapkan alasan Malaysia mengizinkan masuk pelatih dan seorang pemain tim Chelsea asal Israel. Menurut Yatim, Chelsea adalah tim olahraga yang kebetulan memiliki dua anggota yang asal Israel. "Kami tidak melihat ini sebagai sesuatu yang salah, " kata Yatim. (ln/al-arby)

Tidak ada komentar: