Jumat, 28 Desember 2007

Jenazah Bhutto Dimakamkan, Sejumlah Kota di Pakistan Rusuh

Jenazah Benazir Bhutto hari ini diterbangkan ke tanah kelahirannya di provinsi Sindh dengan menggunakan pesawat militer. Ikut bersama rombongan, suami Bhutto, Asif Zardari dan tiga anak-anak mereka, serta keluarga Bhutto yang baru tiba hari ini di Islamabad dari Dubai.

Jenazah Bhutto yang dibawa dalam peti mati yang sederhana, selanjutnya dibawa dengan menggunakan helikopter ke rumah keluarganya di Larkana, sebelah selatan provinsi Sindh. Pemakaman dilakukan pada pukul 01. 00 siang waktu setempat, dan jenazah Bhutto akan dikuburkan di samping makam ayahnya, Zulfikar Ali Bhutto yang juga mantan perdana menteri Pakistan.

Bagi sebagian besar masyarakat Pakistan, Benazir Bhutto dianggap sebagai pahlawan. Sementara itu, pesaing Bhutto dalam pemilu di Pakistan, Nawaz Sharif menyatakan bahwa partainya, Partai Liga Muslim akan memboikot pelaksanaan pemilu parlemen tanggal 8 Januari mendatang. Boikot itu sebagai reaksi atas pembunuhan Benazir Bhutto.

"Saya mendesak Musharraf untuk mundur, tanpa menunda satu hari pun demi menyelamatkan Pakistan, " tandas Sharif.

Menyusul berita terbunuhnya Benazir Bhutto, kekacauan terjadi di sejumlah kota di Pakistan. Para pendukung Bhutto yang marah membakar puluhan kendaraan bermotor, gedung-gedung pemerintah dan bentrok dengan aparat kepolisian.

Dewan Keamanan PBB menyerukan agar dilakukan pertemuan darurat guna membahas situasi terakhir di Pakistan. (sumber : eramuslim.com)

Tidak ada komentar: